Senin, 18 Juli 2016



MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN 

Pelajaran matematika yang meliputi penambahan (+), pengurangan (-), pembagian (:), dan perkalian (x), tanpa di sadari, pelajaran matematika ini juga berlaku dalam proses kehidupan manusia dalam menjalani kesehariannya (matematika kehidupan).

Mungkin ada diantara kita yang menghargai proses penambahan (+). Misalnya, tambah harta, tambah pintar, tambah anak, tambah cantik, dll. Mungkin juga ada diantara kita yang membenci proses pengurangan (-). Misalnya, kurang sehat, kurang bergairah, kurang penghasilan, kurang kasih sayang, dll.

Mungkin ada diantara kita yang suka dan benci dengan pembagian (:) karena lingkupnya lebih luas dari diri sendiri, seperti berbagi rezeki kepada mereka yang membutuhkan, berbagi waktu untuk orang lain yang butuh didengarkan (curhat), berbagi solusi atas suatu masalah yang dihadapi orang lain. Orang yang merasa sudah puas dan cukup dengan sesuatu yang dimilikinya dan memiliki kelebihan, maka dia otomatis akan suka berbagi kepada yang lain.

Mungkin ada diantara kita yang suka dengan kegiatan perkalian (x), karena perkalian membawa hasil yang lebih cepat. Perkalian adalah melipat gandakan sesuatu. Seperti  bekarja  2x lebih keras, memproduksi 5x lebih efisien, melipatgandakan usahanya dalam belajar sehingga lebih pintar, apa apa yang dilakukan dengan usaha berkali lipat dari langkah biasa adalah perkalian. Jika usaha biasa ibarat berjalan langkah demi langkah, proses perkalian adalah seperti berlari cepat, sehingga tempat tujuan akan dicapai lebih cepat  dan waktu yang di habiskan lebih sedikit.

Untuk proses perkalian ini dibutuhkan pengorbanan tenaga, kehendak dan ketrampilan serta latihan yang lebih berat. Yang lebih hebat dari perkalian adalah pemangkatan, siapapun yang ingin memperoleh pangkat dia harus bisa mengkalikan sama besar. Contoh, 7 pangkat 2 adalah 7 dikalikan 7. Siapapun yang memperoleh pangkat/ jabatan/ level/ maqom/ status yang tinggi dalam hidupnya, dia telah melakukan proses perkalian dalam hidupnya yang sampai pada proses pemangkatan.

Akhir kata, selamat menjalani proses matematika dalam kehidupan, semoga kebahagiaan selalu menyertai Anda.