Minggu, 02 Agustus 2015



Otak Anda Mirip Sekali Dengan Bank. Setiap hari Anda memasukkan deposito pikiran di dalam “bank pikiran” Anda. Deposito pikiran ini berkembang dan menjadi ingatan Anda. Ketika Anda mulai berpikir atau ketika Anda menghadapi masalah, sebenarnya Anda mengatakan kepada bank ingatan Anda, “apa yang sudah saya ketahui mengenai hal ini?”

Bank ingatan Anda otomatis akan menjawab dan menyuplai Andan dengan potongan informasi, yang berkaitan dengan situasi ini,  yang Anda depositokan sebelumnya. Jadi, ingatan Adalah adalah penyuplai dasar dari bahan mentah untuk pikiran Anda yang baru.

Kasir di dalam bank ingatan Anda sagat dapat di andalkan. Jika Anda mendekatinya dan berkata, “Pak Kasir, saya mau mengambil beberapa pikiran yang saya depositokan pada masa lalu yang membuktikan bahwa saya inferior di hadapan hampir semua orang lain,” ia akan menjawab, “tentu, tuan. Ingat bagaimana Anda gagal dua kali pada kesempatan sebelumnya ketika Anda mencoba hal ini? Ingat apa yang bos katakan mengenai ketidakmampuan Anda menyelesaikan sesuatu. Ingat apa yang perna kebetulan Anda dengar dari beberapa rekan sekerja yang mengatan.......ingat......”

Dan terus kasir tersebut melanjutkan, menggali ke dalam otak Anda pikiran demi pikiran yang membuktikan bahwa Anda memang tidak memadai.

Namun, seandainya Anda mengunjungi kasir ingatan Andan dengan permintaan : “Pak Kasir, saya menghadapi keputusan yang sulit. Dapatkah Anda memberi saya pikiran apa pun yang menentramkan saya?”

Dan kembali kasir tersebut akan berkata, “tentu, tuan,” tetapi kali ini ia menyampaikan pikiran-pikiran yang Anda depositokan sebelumnya, yang mengatakan Anda dapat berhasil, “ingat pekerjaan hebat yang Anda lakukan pada situasi serupa sebelum..........ingat betapa besar kepercayaan yang diberikan guru kepada Anda.......ingat yang dikatakan teman-teman baik Anda tentang diri Anda.......ingat........”.

Kasir tersebut, dengan sangat responsif, membiarkan Anda menarik deposito pikiran yang ingin Anda tarik. Bagaimanapun, ini adalah bank milik Anda.
Ada dua hal spesifik yang harus dilakukan untuk membangung kepercayaan melalui manajemen yang efesien atas bank ingatan Anda.

1.    Depositokan hanya pikiran positif di dalam bank ingatan Anda.
2.    Tarik hanya pikiran yang positif dari bank ingatan Anda.