Minggu, 09 Agustus 2015



Gelombang Otak Manusia. Penelitian ini dikembang oleh seorang profesor yang bernama Ned Herrmann yang fokus dalam mempelajari aktifitas otak manusia. Menurut Ned Herrman, otak adalah organ tubuh yang memiliki sifat elektrokimia yang dapat menghasilkan aliran listrik sebesar 10 watt.

Sejumlah peneliti terdahulu pernah mengkalkulasi, jika seluruh 10 milyar sel syaraf yang ada dalam diri manusia disambung menjadi satu, maka elektroda pengukur akan mencatat angka seperlimajuta hingga seperlimapuluhjuta volt.

Sungguh sangat luar biasa bukan otak manusia !!!

Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut, maka didapatkan kesimpulan/ informasi bahwa gelombang listrik pada otak manusia juga memiliki beberapa bagian atau fungsi sebagaimana berikut ini :

Gelombang Otak Beta
Gelombang Otak Beta ini berada dalam kondisi dimana manusia sedang mengerjakan kesibukan dengan berbagai aktifitas sehari-hari, yakni yang melibatkan kemampuan analisa atau berpikir. Misalnya, seseorang yang aktif mengobrol atau berdebat maka gelombang otaknya berada dalam level beta. Dalam hal ini seseorang bergantung pada kemampuan pikiran alam sadarnya untuk dapat melakukan performa analisis yang berkwalitas. 

Gelombang Otak Alpha
Gelombang Otak Alpha atau sering pula disebut sebagai keadaan hipnosa. Kondisi gelombang otak alpha ini biasanya dialami secara alami oleh seseorang yang sedang fokus atau membutuhkan daya kosentrasi. Misalnya, sedang beribadah, berdoa, meditasi, menonton televisi, mendengarkan musik, puisi, dll.

Gelombang Otak Theta
Gelombang Otak Theta jauh lebih rendah dari pada gelombang otak alpha. Parapsikologi mengatakan, bagi sebagian orang yang menyadari dan mampu mengakses masuk kedalam gelombang otak theta ini mempunyai daya intuisi yang kuat, mempunyai ketajaman batin yang tinggi, serta memiliki sisi spiritualitas yang dalam.

Bukan perkara yang mudah bisa memasuki gelombang otak theta ini dengan sendirinya, hanya orang-orang tertentu yang diberi karunia Tuhan yang bisa mengakses sendiri masuk ke Gelombang Otak Theta.

Gelombang Otak Delta
Gelombang Otak Delta adalah dimana kondisi pikiran seseorang terputus dengan alam luar. Misalnya seseorang yang sedang dalam kondisi tidur nyeyak dan  kondisi koma.